Tiga Danau yang Berada di Sekitar Gunung Semeru dengan keeksotisannya

Siapa yang tak kenal malang? Malang merupakan kota pariwisata yang memiliki segudang wisata terbaik di Jawa Timur bahkan Indonesia, banyak wisata yang cukup fenomenal dan indah disini, ada Wisata Alam, Wisata edukasi, Wisata sejarah dan masih banyak lagi. Bicara tentang wisata alam gunung, Malang memiliki beberapa Wisata Gunung yang sudah populer di telinga para wisatawan. Sebuat saja Gunung bromo, Gunung Semeru, Gunung Arjuno, Gunung Panderman dan gunung – gunung lain yang berada di Malang. Kali ini kita akan membahas tentang Wisata Gunung Semeru, namun tidak membahas tentang pendakian ya. Lho lha terus tentang apa? Hayo penasaran ya, hehe. Berikut ini kita akan membahas tentang Wisata Alam Danau yang berada di sekitar Bromo dan Semeru yang eksotis dan menawan. Seperti apa danau – danau yang berada di sekitar TNBTS? Yuk simak terus artikel dan pembahasannya.

1. Danau Ranu Pani

 

Danau pertama yang berada di sekitar Semeru adalah Ranu pani. Ranu pani merupakan danau terakhir sebelum pendakian Gunung Semeru, danau yang berada satu arah dengan coban pelangi dan Ndayung rafting malang ini juga memiliki keunikan dan keindahan. Danau ranu pani berada di ketinggian 2100 Mdpl dengan luas sekitar kurang lebih 0,75 Ha yang ukuran sebelumnya adalah 1 Ha tapi terjadi penyusutan karena terjadinya penyusutan karena ulah manusia tidak bertanggung jawab.

Suasana di danau ranupani sendiri meiliki hawa yang dingin dan sejuk, di pagi hari kita akan menjumpai kabut lembut beserta padang rumput yang hijau di sekitar danau. Cocok bagi anda yang menginap sebelum memulai pendakian semeru.

2. Danau Ranu Regulo

sumber : http://www.panoramio.com/user/8439500?photo_page=48

Berikutnya ada danau yang dekat dengan danau ranupani. Ranu regulo namanya, danau ini terletak 500 Meter setelah danau Ranu Pani. Suasana tenang, sunyi dan khas disini juga sangat cocok untuk anda yang ingin bermalam sebelum mendaki ke gunung semeru. Dengan backgound pegunungan dan bukit hijau seakan menambah kenikmatan anda untuk menikmati pemandangannya. Juga dengan latar belakang gunung semeru dan burung – burung yang bertengger di ranting pohon.

Ranu regulo sendiri juga bisa di akses melalui gunung bromo, dengan melewati pasir berbisik dan bukit teletubies. Setelah melewatu bukit teketubbies kita naik menuju ranu pani, sesampai di ranupani kita bisa berjalan kurang lebih 15 menit untuk sampai ke danau yang indah ini.

3. Danau Ranu Kumbolo

sumber : http://www.naturalsunrisetour.com/wisata-ranu-kumbolo-danau-di-gunung-semeru-yang-penuh-misteri

Danau satu ini memang sudah tidak bisa di pandang sebelah mata lagi keindahan dan keasriannya, Danau yang diberi julukan Surganya Gunung Semeru ini jadi tempat peritirahatan pendaki bila setelah menempuh perjalanan dari ranu pani. Ranu kumbolo adalah salah satu danau terindah yang berada di sekitar gunung semeru. Danau ini berada di ketinggian 2400 Mdpl dan ditempuh dalam waktu 4 jam dari Ranu pani.

Ranu Kumbolo memiliki ciri lhas keindahan ketika sunrise pagi hari, dua bukit yang berada di dekat ranu kumbolo akan membias ke air dan akan menimbulkan efek yang indah pada air telaga. Susana ini sangat cocok yang bermalam di Ranukumbolo. Suhu di sini bisa mencapai minus 0 derajat celsius, kabut yang indah pun bisa berubah menjadi es. Maka anda perlu mempersiapkan jika akan bermalam disini. Pemandangan dua bukit dan savana hijanu nan menawan juga menemani waktu anda di ranu kumbolo. Pemandangan danau bisa juga anda liat dari Bukit cinta semeru yang mempunyai mitos jika kita menaiki tanpa menoleh kebawah, maka kita akan cepat menemukan jodoh kita, hehe. Semakin keatas akan semakin indah pemandangan khas danau Ranu kumbolo ini.

Updated: August 26, 2017 — 5:37 am
WRSA Blog © 2016 Frontier Theme