Taman Hutan Raya Raden Soerjo

Taman hutan raya r.soerjo adalah kawasan hutan raya yang berada di kompleks gunung arjuna – anjasmoro – welirang. Secara administratif hutan ini masuk dalam wilayah kab.jombang, kab.pasuruan, kab.mojokerto, kab.malang, dan Kota Batu.

Taman hutan raya ini juga meliputi wilayah malang barat semisal ngantang pujon dan kasembon. Pada awalnya taman hutan raya terbentuk pada tahun  1992, yaitu dengan dicanangkannya kawasan hutan lindung gunung anjasmoro, Gunung Gede, Gunung Biru, Gunung Limas, serta kawasan cagar alam Arjuno-Lalijiwo.

Sebagai taman hutan raya yang cukup besar, taman hutan raya R.soerjo memiliki 3 jenis vegetasi hutan. Diantara 3 itu adalah vegetasi hutan hujan pegunungan, vegetasi padang rumput, vegetasi hutan alam cemara. Vegetasi hutan alam cemara, sesuai dengan namanya pasti di vegetasi ini terdapat banyak pohon cemara. Tepatnya ada di cagar alam Arjuno Lalijiwo, pada ketinggian yang lebih tinggi tepatnya pada ketinggian 1.800 Mdpl terdapat vegetasi hutan hujan pegunungan dan terdapat tiga tingkatan vegetasi semak dan vegetasi tumbuhan bawah. Selain sebagai hutan lindung atau cagar alam yang ada di jawa timur di taman hutan raya R.soerjo juga terdapat wisata menarik untuk dikunjungi.

Pemandian Air Panas Cangar

sumber: https://dolandolen.com

Pemandian air panas cangar ini merupakan pemandian air panas yang berada di kota batu jawa timur berada pada ketinggian sekitar 1.700 meter diatas permukaan laut, pemandian ini berada di dalam area hutan R.soerjo dan dibawah lereng gunung welirang yang notabenya penghasil belerang terbesar selain di gunung ijen di banyuwangi. Di pemandian air panas cangar ini memiliki 5 kolam yang terdiri dari kolam anak, dua kolam berendam air panas, satu kolam khusus wanita, dan yang terakhir kolam yang dikususkan untuk berenang.

Selain kolam di pemandian air panas cangar juga terdapat wahana lain yang tidak kalah asyiknya yang terdiri dari wahana flying fox, dan goa jepang yang berada di atas dari kolam pemandian air panas cangar, goa jepang inni merupakan goa buatan jepang pada masa perang dunia ke 2, pada masanya goa ini difungsikan sebagai bunker. Dan yang tidak ketinggalan dari pemandian air panas cangar ini pada tape ketannya yang melegenda dengan minum tape ketan dan air ketan perut kita akan terasa hangat dengan suhu yang dingin di sekitar hutan R.soerjo.

 

Coban Watu Ondo

sumber: http://www.kabarmojokerto.com

Coban watu ondo ini terletak di kawasan taman hutan raya raden soerjo, secara administratif coban watu ondo berada di dua wilayah yaitu kabupaten mojokerto dan Kota Batu.

Disebut coban watu ondo karena pada arah jalan ke air terjun terdapat batuan yang mirip dengan susunan anak tangga di coban watu ondo ini terdapat 2 coban yang berhadapan namun, berbeda ukurannya. Disebelah kanan ketinggian air mencapai 15 m dengan karakteristik air terjun berundak dengan kemiringan sekitar 75 derajat, sedangkan di sebelah kiri mencapai ketinggian ±  69 m dengan karakteristrik air terjun yang langsung jatuh je bawah.  Orang sekitar coban watu ondo lebih familiar menyebut coban watu ondo sebagai coban kembar watu ondo, di sekitar air terjun juga terdapat dua buah goa, orang sekitar menyebutnya dengan nama goa jepang, goa ini dipercaya sebagai penyimpanan bahan makanan dan persembunyian para tentara jepang pada masa kemerdekaan. Sayangnya, kedua goa ini tertutupi oleh rimbun nya pepohonan di sekitar air terjun.

 

Selain dari kedua tempat wisata diatas, ada banyak wisata di taman hutan raya r.soerjo yang menarik untuk dikunjungi. Terus explore kawasan hutan raya r. soerjo yang berada di kawasan gunung anjasmoro sampai arjuno.

Updated: September 11, 2017 — 8:19 am
WRSA Blog © 2016 Frontier Theme