Makanan Yang Banyak Mengandung Antioksidan

Di dunia ini banyak makanan agar anda terlihat lebih awet muda dan cara awet muda juga banyak. Makanan-makanan tersebut disinyalir memiliki kandungan yang bisa menunda penuaan. Kandungan yang ada pada makanan-makanan tersebut dinamakan antioksidan. Orang bisa mengetahui apakah makanan mengandung antioksidan atau tidak bisa dilihat dari warna kulit makanan tersebut atau dagingnya. Warna yang mengindikasikan makanan memiliki kandungan antioksidan adalah warna ungu. Makanan pertama yang bisa dimanfatkan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi adalah bawang merah.

Bawang merah adalah tanaman umbi-umbian yang ditanam di daerah kaki gunung agar ukurannya menjadi besar. Orang Muda dan tua bisa menanam ini untuk dimanfaatkan umbi-umbiannya dan juga daunnya. Tetapi yang paling banyak mengandung antioksidan ada pada umbi-umbiannya. Bawang merah terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Sangat baik dikonsumsi sebagai lalapan tanpa harus diproses melalui proses digoreng atau direbus. Hal tersebut akan mengurangi kandungan antioksidan pada bawang merah. Tetapi karena bawang merah terkenal sebagai salah satu penyedap rasa, maka lebih sering diproses dengan cara diulek atau digoreng.

Berikutnya makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi adalah buah naga. Buah naga merupakan buah yang berasal dari tanaman yang masih satu keluarga dengan kaktus. Ada banyak macam jenis buah naga yang bisa dibedakan dari warnanya. Ada buah naga yang berwarna putih, berwarna oranye, dan berwarna ungu. Yang berwarna ungu inilah yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi. Buah naga sangat baik dikonsumsi setiap hari karena tidak hanya antioksidan saja yang dikandung tetapi ada vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Kemudian makanan yang berikutnya adalah kulit manggis. Sudah banyak produsen obat kesehatan yang menggunakan kulit manggis sebagai bahan utama. Warna ungu yang sangat pekat bisa menjadi penanda bahwa kulit manggis memiliki kandungan antioksidan. Kandungan yang terdapat pada kulit manggis banyak sekali yaitu vitamin dan mineral. Kulit manggis harus melewati proses agar bisa dikonsumsi karena jika belum melewati suatu proses kulit manggis tidak bisa langsung dikonsumsi. Karena kulit manggis yang langsung dikonsumsi terasa pahit dan tidak akan mudah untuk ditelan.

Lalu ada juga makanan yang mengandung antioksidan tinggi yaitu ubi ungu. Ubi ungu yang semua umbinya termasuk kulit memiliki warna ungu yang sangat pekat. Umbi yang masih satu keluarga dengan singkong ini banyak mengandung vitamin dan mineral. Selain itu, karbohidrat yang ada pada ubi ungu merupakan karbohidrat kompleks. Perbedaan nasi yang memiliki karbohidrat biasa dengan ubi ungu yang memiliki karbohidrat kompleks adalah karbohidrat biasa sangat cepat diproses oleh tubuh untuk dijadikan energi dan cepat membuat badan lemas. Beda halnya dengan karbohidrat kompleks yang lebih tahan lama untuk dijadikan energi oleh tubuh dan tidak membuat tubuh menjadi cepat lemas.

WRSA Blog © 2016 Frontier Theme