Cara Menghitung Berat Badan Pria,Pakai BMI Atau Brocha?

Cara dalam menghitung berat badan ideal pada wanita ataupun pria tidak sulit. Walaupun pada saat ini ada berbagai aplikasi smartphone guna menghitung berat badan ideal, menghitung berat badan sendiri menggunakan rumus pun sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Cara dalam menghitung berat badan ideal wanita ataupun pria menggunakan rumus pun sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang mudah.

Mempunyai berat badan ideal memang dapat meningkatkan penampilan dan juga percaya diri, hal ini penting karena tubuh juga bisa menjadi lebih sehat asalkan cara dalam merawat berat badan dilakukan dengan sesuai dengan langkah yang dianjurkan oleh instruktur.

berat badan pria

Tubuh menjadi akan lebih bugar jika kita selalu bergerak atau beraktifitas dengan menggerakkan badan dengan berolah raga sehingga berbagai penyakit bisa menjauh dari tubuh. Jika kita menghitung berat badan ideal baik untuk wanita atau pria maka bisa memakai rumus BMI ataupun rumus Brocha.

Namun yang perlu diperhatikan jika beat badan seseorang juga memiliki sifat yang diturunakn oleh ayah atau ibu masing masing sehingga masing – masing individu memiliki karakteristik bentuk tubuh yang berbeda.Karena tidak ada berat badna yang absolut maka meamkai rumus BMI lebih dianjurkan daripada menggunakan rumus Brocha.

Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria Memakai Rumus Matematis

Cara menghitung menggunakan rumus matematis disini adalah dengan memakai rumus Broca atau kadang disebut juga dengan rumus Devine. Rumus ini ditemukan pada tahun 1871, Dr. Pierre Paul Broca selanjutnya dipopulerkan oleh Dr. BJ Devine di sekitar tahun 1970 an. Jika Anda idamkan melakukan program diet, sebaiknya jangan menggunakan rumus Broca ini sebagai acuan berat badan ideal  karena ada beberapa kekurangan dalam rumus ini.

Ada alasan tersendiri kenapa rumus ini sebenarnya tidak cukup bagus untuk menghitung berat badan ideal. Rumus ini sesungguhnya dikembangkan dalam menghitung dosis obat berdasarkan atas berat badan pasien, bukan untuk menghitung berat badan ideal seseorang. Kemudian hasil penghitungan rumus ini ada pada suatu angka, bukan pada rentang tertentu.

Terakhir adalah rumus ini tidak sesuai untuk menghitung berat badan ideal terutama untuk wanita bertubuh pendek dan pria bertubuh tinggi. Karena rumus ini dikembangkan di Perancis yang mayoritas penduduknya memiliki tubuh tinggi-tinggi dibanding Indonesia, maka rumus ini sebenarnya tidak cocok untuk digunakan menghitung berat tubuh ideal wanita Indonesia.

Cara menghitung berat badan ideal memakai rumus Broca1. WanitaBerat badan ideal = (tinggi badan – 100) – (15% x (tinggi badan – 100))

Misal : Hitung wanita dengan tinggi badan 160 cm.

Maka :
160 cm = (160 – 100) – (15% x (160 – 100) = 51 kg

2. PriaRumus untuk menghitung berat badan pria yaitu :BB ideal = (TB – 100) – (10% x (TB – 100))
Selanjutnya contoh bagaimana cara menghitung berat badan pria dengan tinggi badan 170 cm.
170 = (170 – 100) – (10% x (170 – 100) = 63 kg.

Kedua contoh cara menghitung berat badan di atas memakai tinggi badan yang relatif standar. Untuk wanita dengan tinggi badan dibawah rata-rata maka berat badan ideal wanita tersebut mungkin akan terlihat kurus. Semakin tubuh pendek maka juga semakin terlihat kurus. Hal inilah yang menjadi kekurangan daripada rumus ini. Sebagai contoh untuk wanita dengan tinggi badan 130 centimeter maka berat badan ideal yakni (130 – 100) – (15% x (130 – 100) = 25.5 kg.

Updated: September 24, 2017 — 1:17 pm
WRSA Blog © 2016 Frontier Theme